Senin, 20 April 2015

Cara menanam Hidroponik di Rumah

Tips Sederhana Cara Menanam Hidroponik di Rumah

Hidroponikceria.com- Cara menanam hidroponik adalah salah satu cara penanaman tumbuhan yang cukup populer dan praktis. Apa itu hidroponik? Menurut bahasa, hidroponik berasal dari bahasa Yunani yang berarti tenaga air (hydro=air, ponics=tenaga). Istilah hidroponik juga dikenal dengan nama soiless culture atau cara budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanampnya. Jadi jika disimpulkan, hidroponik adalah sebuah cara penanaman tumbuhan dengan memanfaatkan air sebagai medianya dan tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya.
Lalu bagaimana cara menanamnya dan cara tanaman bisa tumbuh jika tidak menggunakan tanah? Meskipun tidak menggunakan tanah, tetapi jika Anda menanam dengan sistem hidroponik haruslah tetap memperhatikan kebutuhan nutiri tanaman yang Anda tanam. Meskipun tanpa tanah dan hanya menggunakan media air, tetapi air tersebut sudah diseting sedemikian rupa agar mengandung nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tanaman.

Cara Menanam Hidroponik

Cara menanam menggunakan sistem hidroponik
Pupuk memanglah sangat berperan penting dalam pertumbuhan tanaman. Namun demikian, tanpa pupuk pun sebenarnya tanaman sudah bisa tumbuh dengan baik. Asalkan, tanaman tetap bisa mendapatkan nutrisi atau unsur hara yang dibutuhkannya secara cukup. Sebenarnya tanah berguna sebagai penyangga tanaman serta penyimpan air yang menjadi pelarut nutrisi atau unsur hara agar bisa diserap oleh tanaman untuk kebutuhan tumbuhnya. Maka dari itu keberadaan tanah bisa digantikan oleh media lain, dan akhirnya muncul teknin penanaman secara hidroponik yang lebih memfokuskan pada kebutuhan nutrisi tanaman.
Ada 6 teknik yang diterapkan pada cara menanam hidroponik ini, yaitu teknik aeroponic system, drip system, NFT, ebb dan flowsystem, water culture system, dan wick system. Nah, dari keenam teknik menanam hidroponik tersebut, akan kita bahas satu per satu.
Aeroponic System
Sampai saat ini teknik aeroponic system adalah teknik hidroponik yang paling canggih.
menanam sistem aeroponic
Teknik ini juga memberikan hasil yang maksimal dan lebih efisien waktu. Faktor utamanya adalah karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman diberikan dalam bentuk kabut langsung ke akar. Dengan demikian, tanaman akan menyerap nutrisi dengan kandungan oksigen yang lebih banyak.
Drip System
Drip system atau sistem tetes ini adalah cara menanam hidroponik yang paling umum digunakan.
Menanam Hidroponik dengan Sistem Drip
Cara kerjanya sederhana, yaitu dengan menggunakan timer untuk mengontrol pompa. Ketika pompa hidup, maka nutrisi akan diteteskan ke masing-masing tanaman yang ditanam.
NFT
NFT atau Nutrient Film Technique adalah teknik terpopuler dalam hidroponik.
sistem nft hidroponik
Cara kerjanya adalah dengan terus menerus memberikan nutrisi larut kepada tanaman dengan menggunakan timer. Dengan menggunakan sistem NFT maka anda tidak perlu bingung mencari bahan atau alat yang digunakan, karena anda bisa menggunakan paralon untuk media tanamnya.
Ebb dan Flow System
Dus sistem yang satu ini bekerja dengan cara membanjiri wadah pertumbuhan tanaman untuk sementara dengan nutrisi sampai air mencapai batasan tertentu.
Menanam Hidroponik sistem Ebb and Flow
Setelah itu nutrisi akan dikembalikan ke penampungan nutrisi lagi. Dan tahapan tersebut terus diulang dan sudah diatur waktunya menggunakan timer. Nantinya tugas anda tinggal mengontrol timer tersebut.
Water Culture System
Jika Anda menginginkan teknik menanam hidroponik yang sederhana, cobalah teknik water culture system.
menanam hidroponik sistem waterculture
Tempat penyangga tumbuhannya terbuat dari styrofoam yang akan mengapung bersama nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Untuk supply oksigennya menggunakanpompa udara.
Wick System
Yang terakhir ini adalah sistem hidroponik paing sederhana. Termasuk sistem yang pasif karena setiap bagiannya tidak bergerak.
menanam hidroponik sistem wick atau sumbu
Nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman pun dialirkan menggunakan benda sejenis sumbu. Untuk sistem wick seperti ini tidaklah sulit dan murah, karena media tanam yang anda gunakan hanya menggunakan ember.
Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai bagaimana cara menanam hidroponik dan apa saja macam-macam teknik hidroponik yang ada. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: