Kamis, 17 Maret 2016

bididaya nangka

Panduan Budidaya Tanaman Nangka di Kebun Sendiri

Panduan Budidaya Tanaman Nangka di Kebun Sendiri – Buah nangka merupakan salah satu buah yang mengeluarkan aroma nikmat, pastinya tak kalah dengan buah durian. Kebanyakan diantara masyarakat yang menyukai buah ini adalah karena kurang menyukai bau menyengat yang diberikan oleh buah durian sehingga nangka dijadikan sebagai pilihan mereka.
1
Selain bisa dimakan secara langsung nyatanya ada cukup banyak olahan yang bisa dibuat dari buah yang satu ini baik itu aneka kue maupun jajanan yang lainnya. meskipun cukup banyak yang memiliki pohonnya, namun untuk bisa menghasilkan buah hanya pada musim-musim tertentu saja, dengan harga di pasaran yang juga cukup mahal.
Buah nangka sendiri merupakan buah asli dari negara dengan iklim tropis, Indonesia salah satunya dimana anda bisa menemukan tanaman ini di semua daerah. Nangka dibedakan atas beberapa jenis, diantaranya adalah nangka bubur, salah dan juga cempedak, memiliki tingkat kemanisan dan juga ketebalan daging buah yang berbeda. Semua bagian dari buah ini bisa dimanfaatkan baik itu biji maupun daunnya, bagi anda yang tertarik untuk melakukan budidaya berikut ini ada beberapa kiat yang bisa dilakukan, yaitu:
  1. Pembibitan, tahapan yang satu ini bisa anda peroleh dengan mencangkok atau dengan menyemai sendiri, proses penyemaian cukup mudah namun akan memakan waktu yang lebih lama, berbeda dengan pencangkokan yang bisa dengan mudah menghasilkan buah yang memiliki kualitas sama dengan induknya, baik itu dari segi rasa maupun usia.
  2. Proses penanaman, setelah dirasa mendapatkan bibit yang tepat maka proses selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menanam, penanaman ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari kondisi tanah dan juga irigasi agar tanaman ini juga mendapatkan nutrisi yang tepat. Jika anda ingin membudidayakan dalam jumlah yang besar maka usahakan untuk memiliki lahan yang luas karena pohon nangka akan tumbuh besar dan membutuhkan area yang cukup antara satu bagian dengan bagian yang lainnya.
  3. Perawatan, proses perawatan pohon nangka tak jauh berbeda dengan mangga maupun yang lainnya, anda hanya perlu mengatur air yang dibutuhkan, pada saat musim hujan mungkin tak perlu melakukan penyiraman, namun untuk musim kemarau intensitas air yang diperlukan tergolong besar.
  4. Perawatan dari hama dan penyakit, umumnya pohon nangka mudah sekali terjangkiti gulma dan juga ulat bulu, sehingga proses pengobatan juga harus anda lakukan secara berkala.
  5. Panen, membutuhkan waktu yang cukup lama dan bertahun-tahun hingga nantinya nangka akan berbuah dan panen, ditandai dengan wangi yang sudah cukup menyengat maka anda sudah bisa memanennya.
Cukup mudah namun diperlukan kesabaran ekstra, mengingat buah nangka memiliki jangka waktu yang panjang untuk tumbuh hingga akhirnya akan menghasilkan buah.
Baca Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar: